Harusnya cerita pertama mengenai perkuliahan itu orientasi mahasiswa baru, tapi kali ini saya tidak. Karena saya tidak merasa ada yang spesial di orientasi tersebut, hehe. Oke keinginanku untuk masuk di dunia kompetisi tidak berhenti di waktu SMK, cerita kompetisiku akan terus berlanjut hingga bangku kuliah. Di awal masa2 kuliah, saya tidak capek mengulik tentang kegiatan2 apa saja yang bisa diikuti di kampus ini. Suatu tim yang pertama aku daftar ialah suatu tim riset robot yang sudah berumur tua di PENS, aku langsung kontak CP nya yang ternyata dosen saya sendiri. Saya disuruh untuk menemui di kantornya. Saya dibilangin begini "Kamu itu masih semester 1, fokus dulu sama kuliah". Oke, saya keluar dari kantor tersebut dengan muka yang agak murung. 

Tetap semangat tentunya, suatu saat di perkuliahan Rangkain Elektronika, dosen saya yg mengampu matkul tersebut namanya Pak Iwan mengumumkan bahwa ada open recruitment untuk tim robot kapal tak berawak atau bahasa kerennya autonomous surface vehicle yg bernama PENShip. Saya mulai tertarik nih, teman2 saya juga ikut tertarik, akhirnya saya dan teman2 saya janjian untuk mendaftar via email. Tiba di waktu open recruitment, terdapat sekitar 7 orang dan ternyata tidak ada teman2ku, ternyata hanya aku yg masih semester 1 yang ikut mendaftar :(. Okelah biarin, saya menceritakan pengalaman saya bahwa saya punya keahlian jaringan komputer dan membuat website. Dan saya terus terang bilang bahwa saya tidak ada basic robotika sama sekali. Tibalah waktu pengumuman ternyata saya diterima dong, alhamdulillah, ada dua orang yang diterima yaitu saya dan salah satu mahasiswa IT semester 3. 
Di PENShip saya mengerjakan website dan disuruh belajar bidang image processing, kalau website tinggal nyari yang gratisan di internet sih lalu modifikasi. Saya benar2 harus belajar banyak untuk image processing, apalagi alumni PENShip yang memegang image processing tahun lalu sudah lulus dan bekerja di Jakarta, namanya Mas Windhy. Mas Windhy bener2 ngajarin aku dari nol, dan gimana cara ngajarinnya, kita pakai team viewer untuk sharing ilmunya, sungguh pengalaman yang sangat berharga bagi saya untuk mendapatkan ilmu image processing dari Mas Windhy. Selain itu di tim ini saya beranggotakan 6 orang, disini kehidupan saya berubah total dari tempat tinggal, jam tidur, kefokusan kuliah. Tempat tinggal berpindah di lab robot, jam tidur kalau tidak jam 1 ya jam 2 malam, kuliah mulai keteteran, pulang kuliah setengah 5 langsung pergi ke danau ITS untuk uji coba kapal, jam 5 pagi ke danau ITS juga untuk uji coba kapal juga. Sungguh capek kalau dijalani, tapi seru banget.

Di tim ini saya belajar bagaimana membuat kapal RC yang mana nantinya akan diberi sistem otomatis untuk mengikuti jalur yang sudah ditetapkan. PENShip ini akan berlaga di KKCTBN atau Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2016 yang dilaksanakan di Danau SIER Rungkut, Surabaya. Lomba dilaksanakan bulan desember 2016, waktu yang cukup mepet menurut saya, dari september hingga awal desember, tapi it's okay.